Rabu, 04 Maret 2009

7 tip internet cepat untuk dial up

Problem umum yang kerapkali dihadapi oleh pengguna internet dial-up pake modem hape adalah koneksi internet yang kecepatannya merambat-lambat amat kayak ulat menggeliat di tempat! :D Walaupun sudah punya perangkat koneksi berspesifikasi tinggi, hal itu nggak menjamin kecepatan aksesmu selalu tinggi atau stabil.


Karena teknologi akses internet lewat dial-up itu tergolong kuno banget! Dimana kecepatan maksimum koneksi jenis ini cuma 56 kbps (Kilobits per second), itu pun kalau lagi beruntung. Bandingkan dengan kecepatan maksimum koneksi broadband, minimal 1 Mbps!
ingat ,bukan KBps tapi Kbps .lain lho. 1KBps = 8 kbps jadi jangan terjebak..


Okey, back to topic.

Penyebab lambatnya koneksi dial-up kamu mungkin bervariasi, diantaranya yaitu, spasi hard disk (HD) yang penuh atau hampir penuh, trus kecepatan prosesor dan spesifikasi RAM yang terbatas, atau bisa juga karena PC banyak tertular virus, malware, atau sejenisnya. Modem yang berspesifikasi rendah atau bisa juga karena modemnya menangkap sinyal yang dangkal

Solusi terbaik, tentu aja dengan meng-upgrade hardware PC yang terdeteksi berspesifikasi minim. Semakin maksi spesifikasi-nya tentu semakin bagus. Begitu pula dengan sistemnya, semakin lapang dan bersih isi HD atau sedikit software yang terinstall tentu lebih baik.

Tapi bila upgrade hardware untuk mengoptimisasi sistem PC kamu nggak memungkinkan untuk dilakukan, jangan khawatir, aku punya beberapa tips yang moga-moga aja bermanfaat untuk mempercepat koneksi dial-up kamu. Yaitu dengan cara memaksimalkan keterbatasan yang ada. Karena aku juga termasuk pengguna internet dial-up, spesifikasi modem dan PC-nya cuma pas-pasan. Terbilang jadul, malah. :))

Pertama dari semua, pastikan semua konfigurasi modem dan sistem PC kamu beroperasi dengan tingkat efisiensi yang tinggi.

Yang berarti kamu kudu bisa tweak-tweak-an sistem, gitu… Kalo kamu nggak mudeng soal beginian, ya nggak usah deh repot-repot tweak registry sana-sini cukup install aja satu aplikasi rekomendasiku untuk urusan tweaking sistem, yaitu AusLogics BoostSpeed.

Dengan aplikasi AIO ini, tweaking sistem jadi makin gampang karena command dan user interface-nya nggak mumet bin njlimet. Just click, click, click and done! :D

Software ini mampu memonitoring aktivitas komputer yang lengkap di systray sebutlah kayak, CPU Usage, Memory Usage dan Internet Traffic. Tampilannya pun interaktif banget! Sekali meng-hover iconnya di systray, info aktifitas komputer yang lagi berlangsung bakal nongol seketika. :)

Mau coba? Download aja.

http://rapidshare.com/files/192747820/AusLogics.BoostSpeed.4.2.8.177.zip

http://uploads.bizhat.com/file/379984

password: gilangramadhan.net



Kedua. Minimalisasi penggunaan program aplikasi secara simultan. Jadi pake aja program yang bener-bener akan digunakan, selain supaya hemat tempat di taskbar juga nggak bikin boros memory.

Mau bener-bener hemat memory yang nantinya bakal bikin cepat performa PC kamu? Coba gunakan aplikasi SmartClose. Aplikasi ini akan menutup program-program yang sedang berjalan termasuk yang secara background, tapi jarang dipake. Dengan menutup program-program yang nggak dimanfaatin itu, otomatis performa sistem kamu menjadi super-cepat!

Coba aja download.

http://rapidshare.com/files/192739418/SmartClose-1.1.zip

http://uploads.bizhat.com/file/379980 SmartClose

password: gilangramadhan.net


Ketiga. Pake web-browser yang super cepat, simple, minimalis dan nggak makan resource memory yang banyak. Contohnya, Google Chrome, atau Opera. Mozilla Firefox is not recommended. Why? Cos, berat dan rakus memory! Tapi, bila kamu kadung ngefans sama Firefox, optimasi dan minimalin kerakusannya pake Firefox Optimizer Tuner.

Mau download?

http://rapidshare.com/files/192699831/firefox_optimizer.zip.html

http://uploads.bizhat.com/file/379965


Oya, browser dengan versi terbaru lebih baik daripada browser versi lama. So, jangan lupa untuk stay-up-to-date browser secara berkala. Juga STOP penggunaan plugin-plugin browser yang nggak diperluin. Biar nggak ngeberatin loadnya.

Keempat. Ketika browsing, biasain untuk selalu menghapus cache browsernya secara berkala. Why? Karena saat kita mengunjungi satu situs, browser otomatis akan menyimpan halaman web tersebut pada cache.

Di satu sisi menyimpan halaman web pada cache memang menguntungkan, karena pada saat kita kembali mengunjungi situs tersebut nanti akan me-load halamannya dengan cepat. Tapiii… kalo kita biarin cachenya lama-lama dan jarang dihapus, justru malah memperlambat proses loading. Karena halaman web yang disimpan pada cache tadi bertumpuk-tumpuk saling tindih dalam HD, otomatis hal itu makan resource memory yang banyak dong…

Nah, itulah yang bikin loading halaman webmu berat dan lambat!

Kelima. *opsional* You know, koneksi dial-up tuh kalo lagi connected trus dibiarin lama-lama atau idle pasti bakal disconnect sendiri deh. So, biar koneksimu always connected selama kamu mau, pake aja software Connection Keeper. Dijamin online terus!

Download?

http://rapidshare.com/files/192744868/conkeep.zip

http://uploads.bizhat.com/file/379985 conkeep


password: gilangramadhan.net

Keenam. *opsional lagi* Matiin fitur pop-up window. Selagi browsing, terkadang banyak window yang tiba-tiba datang nggak diundang, ter-minimized dan ngumped *maksa* :D di belakang browser. Biasanya, iklan tuh!

Contoh, coba deh download sesuatu di ziddu.com pasti banyak pop-up yang mborosin benwit dan bikin lambat proses loading web yang lagi kamu buka. Iya, gak?

Ketujuh. *opsional juga* Matiin fitur load-images. Nah, ini mah terserah kamu aja ya. Dengan mematiin fitur load-images, dijamin akses internet dial-up mu bakal secepat kilat! Tapi kasian tuh, si Mata nggak lagi dimanjain sama gambar-gambar!

Oh, so bored… Hehe… :))

Semoga bermanfaat ya! :D

2 komentar:

  1. den bagus, kira2 sopwer2 di atas dibandingin modem boster, speedconnectaccelerator, apa bedanya dan lebih manjuran mana, en bgimana kl semuanya diinstall? sptnya malah mberatmberati ya hihihi...

    BalasHapus
  2. kalo menurut aku kita pake 1 saja mas,biar nggak cras settingannya, menrutku sip yang modem booster karena aku sendiri dah nyoba... ini akan mengoptimalkan kerja modem kita/ tepatnya menepatkan settingan untuk modem kita
    thans..

    BalasHapus